Parasite - Review



"Parasite adalah karya seni terkuat yang pernah gue alami"

PARASITE ADALAH FILM TERBAIK GUE TAHUN 2019 - sejauh ini! Parasite itu salah satu film yang membuat gue lupa kalau gue sedang ada di bioskop dan menonton film. Beneran, pas film selesai dan lampu studio menyala, gue baru sadar kalau gue lagi ada di bioskop. Yes, bukan lagi tersepona tapi sudah sampai kategori merasuki dan menyerap! Seakan-akan gue berada di tengah-tengah drama komedi tragis keluarga gila ini. Jalan ceritanya bener-bener segar dan tiada duanya, jadi tambah bikin asyik karena gue sama sekali nggak tahu mau dibawa ke mana. Apalagi trailer dan poster sama sekali nggak membantu buat ngasih tahu ini film tentang apa.

Dark, satire, tapi tetap bisa bikin ngakak meski hati pilu. Apalagi dengan isu kelas sosial yang sangat kental khas sutradara dan penulis naskah Bong Joon-ho, yang secara mengejutkan kok ya masih relatable ke situasi sosial di Indonesia. Gue sih suka banget dengan metafora isu kelas sosial di Snowpiercer (2013), tapi Parasite jelas jadi standar baru dan rasanya bakal sulit ditandingi. Lewat Parasite, Bong Joon-ho bener-bener blak-blakan, vulgar, dan frontal ngejek jurang perbedaan kelas sosial bawah dan atas. Tapi dengan cara yang paling elegan dan komedik. Nah yang nggak diprediksi sama sekali adalah sentuhan gory yang sukses bikin nafas melamban mengiringi adegan slow-motion yang super pecah!



Aktor Korea Selatan andalan gue tetep Song Kang-ho lah, yang loyal banget sama Bong Joon-ho - yang kali ini tampil kaya nggak ada celah buat dikritik. Muka-muka polos pasrah tak bersalah tapi menyimpan beribu rasa yang terpendam. Spotlight-nya sempet dikuasai sama Choi Woo-sik dan Park So-dam yang tampil apik banget dan sangat meyakinkan, untuk kemudian dicuri kembali di menit-menit akhir.

Jujur aja nih ya, ini adalah tipikal film yang susah jualan. Jadi buat lo yang mau nonton film pemenang penghargaan utama Palme d'Or di Cannes Film Festival tahun 2019 di layar lebar, tontonlah di minggu pertama ya!





South Korea | 2019 | Drama / Comedy | 135 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

- sobekan tiket bioskop tanggal 21 Juni 2019 -

Rating Sobekan Tiket Bioskop:

----------------------------------------------------------
review film parasite
review parasite
parasite movie review
parasite film review
resensi film parasite
resensi parasite
ulasan parasite
ulasan film parasite
sinopsis film parasite
sinopsis parasite
cerita parasite
jalan cerita parasite

Komentar