A Hidden Life - Review

Puji Tuhan gue bisa nonton A Hidden Life di layar lebar, sebuah cara yang paling adil dan layak untuk "mengalami" kontemplasi terbaru sutradara dan penulis naskah Terrence Malick tentang penderitaan, kepercayaan, dan hidup. Gambarnya luar biasa indah kaya lukisan di setiap frame, diiringi scoring syahdu dari James Newton Howard.

Ya filmnya Malick mana sih yang nggak susah ditonton, tapi setidaknya A Hidden Life punya jalan cerita yang linear jadi "lebih mudah" untuk dipahami. Visualisasinya masih sama; kumpulan shot dan insert pendek yang dijahit jadi satu dan ternyata bisa jadi jalan cerita yang punya emosi. Awalnya mungkin capek tapi lama-lama jadi terbiasa dan malah menunggu-nunggu adegan untuk berganti. Konon Terrence Malick butuh 3 tahun untuk proses editing padahal syutingnya cuma 8 minggu. 

Nonton film terpanjangnya Terrence Malick di 2 jam 53 menit ini, buat gue pribadi kaya lagi baca A Meaning of Life-nya Victor Frankl. Berdasarkan kisah nyata, Terrence Malick kaya ngebawa biografi Blessed Franz Jägerstätter ini jadi semacam permenungan dan kontemplasi tentang kenapa kita harus menderita di kehidupan ini. Banyak adegan yang menggambarkan Franz dan istrinya Fani bingung, ragu, bahkan marah dengan keadaan yang mereka terima. Tapi ya diimbangi juga dengan kepasrahan dan ketabahan yang luar biasa.

Perlu diketahui kalau tadinya kisah hidup Blessed Franz Jägerstätter ini nggak diketahui sampai tahun 1964 oleh biografi In Solitary Witness yang disusun George Zahn. Dia petani biasa dan nggak punya latar belakang pemberontak tapi secara sadar menolak untuk mendukung Hitler dan Nazi. Bertahun-tahun dia disiksa dan dipaksa untuk mengakui Nazi tapi menolak karena sesederhana nggak mau tunduk sama orang jahat. Sampai akhirnya dia dipenggal di tahun 1943. Kemudian tahun 2007, Paus Benediktus XVI memberi gelar Beato atas keberanian imannya.

Ditonton di International Film Festival and Awards Macau 2019.




- sobekan tiket bioskop tanggal 6 Desember 2019 -
----------------------------------------------------------
review film a hidden life terrence Malick 
review a hidden life terrence Malick
a hidden life terrence Malick movie review
a hidden life terrence Malick film review
resensi film a hidden life terrence Malick
resensi a hidden life terrence Malick
ulasan a hidden life terrence Malick
ulasan film a hidden life terrence Malick
sinopsis film a hidden life terrence Malick
sinopsis a hidden life terrence Malick
cerita a hidden life terrence Malick
jalan cerita a hidden life terrence Malick

Komentar