The Lighthouse - Review


ANJG!

Itu satu kata yang muncul di dalam kepala gue pas ending credits bergulir. Suatu ekspresi yang gue juga nggak tau menggambarkan apa. Kayaknya sih lebih ke campuran rasa takjub luar biasa dan ketidaksanggupan gue untuk mengerti apa yang mau dibawa oleh sutradara dan penulis naskah Robert Eggers.

Takjubnya dulu ya yang gue bahas. Ini adalah film hitam putih dengan aspect ratio 1.19 : 1 yang nyaris kotak, dengan tujuan untuk menyelaraskan dengan latar waktu tahun 1890. Hasilnya adalah rasa claustrophobic karena "sempitnya" layar, sebagai metafora dari keterbatasan ruang yang hanya sepetak pulau kecil sebagai tempat cerita ini. Setiap frame dalam film ini juga benar-benar bak lukisan; setiap shotnya terlihat jelas sudah ditata dengan rapi dan selalu ada makna - kudos buat setiap mise-en-scene yang konsisten sepanjang film. Istilah kata, setiap detik adegan kalau lo screencapture itu bisa banget jadi wallpaper atau lukisan buat dipajang di dinding.

Takjub yang kedua adalah aktingnya Willem Dafoe dan Robert Pattinson. Anjiiiirrrrr yaaa Willem Dafoe sih keterlaluan loh penampilannya luar biasa banget. Setiap ekspresi mukanya dan setiap getar dari suaranya tuh bener-bener bikin karakter Thomas Wake jadi nyata dan sangat believable. Apalagi dengan setiap dialog panjangnya yang YA AMPUN GIMANA CARA NGAPALINNYA SIHHHH. Kalau beliau nggak dapet nominasi Oscar sih gue nggak ngerti lagi deh. Oiya gue beruntung nonton film ini dengan subtitle bahasa Inggris, karena kalo nggak ada subtitle sama sekali sih bisa modyar loh karena pilihan diksi yang digunakan benar-benar akurat di tahun 1890-an (credits to Robert Eggers yang kuat banget risetnya).

Nah Robert Pattinson sebagai Ephraim Winslow juga nggak serta merta tenggelam dengan kuatnya akting Dafoe. Karakter yang dia bawain sih semacam komplementer dari karakter Thomas; yang satu enerjik dan banyak bicara, yang satu kalem dan banyak memilih diam. Film ini memang isinya hanyalah interaksi mereka berdua di berbagai situasi, dan ini adalah hiburan utamanya.

Jadi The Lighthouse tentang apa sih? I DON'T HAVE ANY IDEA hahahaha! Jelas ini bukan tipikal film untuk semua orang sih; absurd gila! Iya sepanjang film memang menggambarkan kegiatan mereka sebagai penjaga mercusuar di pulau kecil, dan si Thomas yang nggak mau ngasih kunci ruangan lampu mercusuar ke Ephraim. Hubungan mereka berdua pun makin lama makin memburuk. Begitu tiba ending yang menggelegar itu, penonton seakan dibiarkan untuk mengambil interpretasi masing-masing - sesuai dengan kondisi psikologis pada saat itu. Buat gue sendiri, butuh sekitar 45 menit untuk (sedikit) mengerti sambil nunggu bis di jam 00:00 di tengah angin Macau yang menusuk tulang.

Perlu diketahui bahwa sutradara dan penulis naskah Robert Eggers sangat suka dengan hal-hal berbau mitologi. Untuk The Lighthouse, ada dua mitologi Yunani yang dicampuradukkan menjadi satu cerita; Proteus dan Prometheus. Singkatnya, Proteus adalah karakter yang memiliki pengetahuan tapi nggak mau ngebagi dengan orang lain, sementara Prometheus mencuri "pengetahuan" dari Zeus untuk dibagikan ke manusia. Dua karakter ini di mitos aslinya memang tidak saling bertemu, tapi dengan bangsatnya dipertemukan oleh Robert Eggers dalam The Lighthouse.

Berbekal pengetahuan itu, gue memilih interpretasi The Lighthouse sebagai gambaran akan perebutan kekuasaan oleh tokoh-tokoh maskulin. Bentuk mercusuar yang dibuat menyerupai penis yang tegak (konon memang seperti ini deskripsinya dalam naskah), dengan isinya berupa lampu yang bisa jadi metafora cahaya pengetahuan, diperebutkan oleh dua tokoh utama kita - untuk beradu maskulinitas dan kuasa. Yang sangat menarik jelas dinamika tarik-ulur perebutan itu, dengan segala macam yang digunakan. Selain itu sih ada subtext tentang identitas diri dan pelarian dari masa lalu yang berefek pada kehidupan sekarang.

Yang jelas, rasanya film ini nggak cukup untuk ditonton hanya sekali saja.

Ditonton di International Film Festival and Awards Macau 2019.







- sobekan tiket bioskop tanggal 6 Desember 2019 -
----------------------------------------------------------
review film the lighthouse
review the lighthouse
the lighthouse movie review
the lighthouse film review
resensi film the lighthouse
resensi the lighthouse
ulasan the lighthouse
ulasan film the lighthouse
sinopsis film the lighthouse
sinopsis the lighthouse
cerita the lighthouse
jalan cerita the lighthouse

Komentar