31 December 2014
0 kritik

Sobekan Tiket Terbaik 2014



Ternyata, gue menonton lebih banyak lagi film bagus di tahun 2014 ini. Dari enam film berbintang lima di tahun lalu, tahun ini ada delapan film yang membuat gue memberikan nilai tertinggi dan otomatis masuk dalam daftar terbaik tahun ini. Di barisan bintang empat sendiri, dari 23 film menjadi 39 film. Ini entah penilaian gue yang semakin murah, atau gue yang semakin selektif dalam memilih film untuk ditonton di bioskop.

Sepuluh film terbaik hasil kurasi subjektif gue ini bisa dibilang cukup representatif dalam mewakili sebaran film selama tahun 2014 ini. Ada film drama terbaik, romansa terbaik, horror terbaik, crime terbaik, animasi terbaik, hingga action terbaik. Bisa dibilang, hasil kurasi pribadi gue ini akan menjadi catatan yang deskriptif tentang perjalanan film gue di tahun 2014. Sepuluh film yang akan gue tonton berkali-kali sepanjang hidup gue.

*Urutan berdasarkan tanggal sobekan tiket

Sobekan Tiket Bioskop tanggal 22 Februari 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Manusia yang jatuh cinta pada operating system adalah kisah romansa tergila dan teraneh yang pernah gue tonton. Spike Jones tidak hanya menyajikan interaksi manis antara Joaquin Phoenix dan suara seksi Scarlett Johansson, tetapi memberikan pelajaran berharga bagi manusia terhadap ketergantungannya pada teknologi. Jelas film ini menjadi sebuah film yang akan sulit untuk dilupakan.


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 21 Maret 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Sekuel ini tidak hanya menjawab ekspektasi penonton yang berlebihan, tetapi juga mengungguli film pertamanya di berbagai segi. Tidak hanya koreografi yang menawan, karakter yang komikal, film ini juga menyuguhkan jalan cerita yang complicated. Sebuah film aksi yang jelas mengangkat nama Indonesia ke kancah dunia.


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 4 Mei 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Sulit untuk tidak menaruh simpati yang berlebih pada karakter Judi Dench dalam film ini. Plot cerita yang sederhana membuat penonton akan memfokuskan energinya pada setiap karakter yang muncul di layar dengan sepenuh hati. Ditutup dengan ending yang jelas akan mudah menyayat hati siapapun yang terlanjur jatuh hati pada ibu yang mencari anaknya ini.



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 22 Mei 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Film ini menjadi contoh sempurna betapa sekuel dalam serial superheroes dapat menjadi sebuah film yang sangat bagus. Film ini mampu menyatukan seri reboot/remake dengan seri film orisinalnya, menjadi satu kesatuan film yang utuh dan logis. Para pemain dari dua generasi film ini pun disatukan dalam sekuel yang luar biasa ini. 


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 8 Agustus 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Kisah cerita yang sangat sederhana dan berbiaya rendah, namun menjadi sebuah film horor yang sangat menakutkan dan mengerikan. Pembuat film tidak semata-mata terjebak dalam batasan budget yang ada, namun makin berkreasi sedemikan rupa untuk menyajikan adegan-adegan yang membuat bulu kuduk merinding. Film ini tidak hanya menyajikan adegan-adegan jump scares, tetapi juga brilian dalam membangun atmosfer horor yang menawan. Jelas merupakan salah satu horor terbaik tahun ini. 


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 22 Agustus 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Jika ada film superheroes terasyik yang pernah gue tonton, jelas gue akan mengingat film ini dalam waktu yang lama. Karakter-karakter anti-hero nya mungkin akan membuat banyak orang mengernyitkan dahi, but there's good in every ones. Film ini tidak hanya kuat pada setiap karakternya yang tampil rata serta berbagai lelucon yang efektif, tetapi setiap alunan soundtrack tahun 80-an yang ada jelas mencuri hati gue.


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 4 November 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Sebuah puisi indah untuk teori relativitas. Film ini tidak hanya menyuguhkan visual luar biasa yang akan menjadi patokan untuk industri film ke depannya, tetapi juga membawa penontonnya untuk mempertanyakan takdir dasar manusia sebagai seorang penjelajah. 


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 21 November 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Film India dengan rasa Perancis. Baru kali ini gue menonton film India dengan banyak shot panjang yang hening dan tenang, dan tanpa jogetan di bawah hujan di tengah-tengah film. Berlatar-belakang kurir makanan khas India yang tenar hingga ke penjuru dunia, romansa yang disajikan dalam film ini sangat manis dan memukau. Kesederhanaan ceritanya akan membuat setiap penonton mudah untuk jatuh hati pada setiap karakternya. Jelas sebuah film romansa terbaik dalam tahun ini.


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 25 November 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Film ini tidak akan menjadi sebegitu sempurnanya tanpa seorang Jake Gyllenhaal. Kematangan aktingnya akan membuat siapapun menatap ngeri. Jalan cerita yang disajikan juga akan membuat semua orang memandang sinis pada media di era modern ini. Sebuah film yang mendeskripsikan dengan vulgar dan apa adanya tentang perkembangan media dan kehausan masyarakat terhadap berita dan informasi.


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Sobekan Tiket Bioskop tanggal 3 Desember 2014
Klik gambar untuk membaca ulasan
Film animasi terbaik tahun ini. Film Doraemon terbaik sepanjang masa. Animasi 3D CGI ini berisi kompilasi cerita-cerita pendek Nobita-Doraemon terbaik yang beredar dalam bentuk komik maupun serial kartun. Semua dirajut menjadi satu keutuhan film berdurasi 94 menit yang mulus dan sempurna. Jelas sebuah kisah tentang persahabatan diantara anak manja dan robot canggih untuk semua orang, baik yang baru mengenal siapa Doraemon atau mereka yang tumbuh besar dengannya.

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top