Agak Laen - Review


Agak Laen pecah banget sih, gue udah lama banget nggak ngakak sampai nangis di bioskop. Parah, film ini kocak maksimal sih. Perlu diketahui, gue itu sebenarnya agak pilih-pilih sama film komedi Indonesia karena dari beberapa yang gue tonton gue relatif nggak cocok sama selera komedinya. Tapi surprisingly, Agak Laen punya selera komedi yang universal. Dalam artian berbagai jenis dan selera komedi ditampilkan jadi satu-dua bit pasti kena ke semua jenis penonton. Kalau satu-dua bit sudah kena, untuk selanjutkan akan cenderung mudah untuk memancing tawa.

Selain soal komedi yang universal dan berbagai macam, gue juga salut dengan jalan ceritanya. Idenya segar dan memang agak laen. Rumah hantu yang jadi serem beneran karena ada orang yang meninggal di dalamnya? Premis yang sangat sederhana dan merakyat ini ternyata bisa dieksekusi sedemikian rupa jadi film komedi tragedi. Oiya, ini adalah tipikal film komedi yang menyelesaikan masalah dengan masalah. Jadi setiap keputusan yang mereka ambil, pasti berujung masalah baru dan sama sekali tidak menyelesaikan masalah.


Agak Laen ini juga mengambil konsep film Warkop dalam artian menggunakan nama karakter yang sama dengan nama pemeran aslinya, tentunya dengan karakter yang berbeda. Konsep ini digunakan demi mempererat hubungan antara penonton dengan karakternya, yang di luar film sebenarnya kita sudah mengenal sedikit siapa itu Boris, Jegel, Oki, dan Bene.

Perlu dicatat, ini adalah film ketiga dari sutradara dan penulis naskah Muhadkly Acho. Sayangnya gue kurang cocok dengan komedi dan drama yang ditawarkan di dua film dia sebelumnya, Gara-gara Warisan (2022) dan Ghost Writer 2 (2022). Tapi ternyata di tangan produser yang tepat, Ernest Prakasa dan Imajinari, Acho bisa menghadirkan film yang nggak hanya kuat di komedi tapi juga drama dan pengembangan karakter meski punya empat pemeran utama. Ini juga jadi film ketiga dari Imajinari yang sama-sama menoreh sukses baik dari capaian jumlah penonton dan kualitas film, setelah Ngeri-ngeri Sedap (2022) dan Jatuh Cinta Seperti di Film-film (2023). 






- sobekan tiket bioskop tanggal 3 Februari 2024 -
----------------------------------------------------------
review film agak laen
review agak laen
agak laen movie review
agak laen film review
resensi film agak laen
resensi agak laen
ulasan agak laen
ulasan film agak laen
sinopsis film agak laen
sinopsis agak laen
cerita agak laen
jalan cerita agak laen

Komentar