Tiger Stripes - Review


Jadi di jaman dulu (atau jaman sekarang di daerah pedesaan), remaja perempuan yang menstruasi atau datang bulan itu dianggap kotor. Apalagi kalau bukan karena darah kotor yang keluar, ditambah jerawat dan emosi yang meledak-ledak. Anggapan itu jelas karena minim informasi tentang pubertas, menstruasi, gejolak hormon dan lain sebagainya.

Parahnya, "penyakit" datang bulan ini dianggap menular karena remaja perempuan lainnya juga mengalami hal yang sama. Ketika ada hal aneh tidak bisa dijelaskan, ke mana masyarakat akan bersandar? Tentu saja AGAMA. Tapi apakah agama (dan ruqyah) dapat menyelesaikan persoalan datang bulan? 🤣 <--- ini jawaban gue tanpa bermaksud spoiler. 


Tiger Stripes jadi film hiperbola tentang anggapan kotor pada remaja perempuan yang mengalami menstruasi. Menariknya, filmnya berlatar modern dengan iPhone terbaru dann wabah TikTok. Yang artinya SEHARUSNYA informasi tentang pubertas dapat diakses dengan mudah. Tapi sayangnya yang terjadi adalah kisah mistis dan hoax yang lebih banyak di konsumsi. Ini menandakan bahwa pendidikan bukan tergantung pada akses informasi atau gadget atau instrumen lainnya, tapi kembali pada sumber daya manusianya dan cara memilah informasi yang benar.

Tiger Stripes sangat berhasil menjadi film yang mengolok-olok pandangan purba masyarakat terhadap penyakit datang bulan. Tidak hanya itu, film ini juga sekaligus menggambarkan perilaku perundungan yang ternyata tidak hanya terjadi di kota-kota besar. Seakan kurang jauh, sutradara dann penulis naskah Amanda Nell Eu juga memasukkan unsur (mabuk) agama ke dalam film ini 👏🏼👏🏼👏🏼 Setelah La Luna, rasanya sineas Malaysia semakin ke sini semakin berani mengkritisi agama ya.






- ditonton di netflix -
----------------------------------------------------------
review film tiger stripes
review tiger stripes
tiger stripes movie review
tiger stripes film review
resensi film tiger stripes
resensi tiger stripes
ulasan tiger stripes
ulasan film tiger stripes
sinopsis film tiger stripes
sinopsis tiger stripes
cerita tiger stripes
jalan cerita tiger stripes

Komentar