The Boy and the Heron - Review


Sutradara Hayao Miyazaki menolak untuk pensiun. Sepuluh tahun sejak The Wind Rises (2013), suhu animasi asal Jepang ini kembali. Memang beda ya rasa dan asa kalau nonton film karya Hayao Miyazaki. Setiap lekuk fantasi yang ada itu benar-benar di luar nurul, tapi juga masih diterima karena punya pesan makna yang berlapis.

Konon di era belia, Hayao Miyazaki butuh waktu menghasilkan 5 menit animasi dalam waktu satu bulan bekerja. Lama sekali karena memang ini adalah animasi hasil gambar tangan ya. Tapi di usianya yang sekarang dan khusus The Boy and the Heron, Hayao hanya bisa menghasilkan 1 menit dalam satu satu bulan. Jadi luar biasa sekali usaha yang dikeluarkan untuk menghasilkan film panjang berdurasi 124 menit ini.


Hasilnya pun nggak main-main. Gambar dan visualnya sangat cantik. Masih juga konsisten dengan animasi ciri khas Hayao Miyazaki, ada banyak "ma" atau ruang kosong di antara adegan yang berguna memberikan kesempatan bagi penonton untuk bernafas atau merenung. Banyak pula adegan-adegan kecil seperti karakter tersandung atau karakter membetulkan sepatunya, demi membuat kisah ini semakin nyata.

Kisahnya sendiri meski fantasinya luar biasa imajinatif, sebenarnya kisahnya sangat dekat dengan keseharian kita. Pada dasarnya ini adalah kisah coming-of-age tentang remaja yang menilai ulang relasinya dengan ibu tirinya, tentunya seperti biasa diselipkan kisah ekologi dan keseimbangan ekosistem. Mahito yang pada awalnya menutup diri dari ibu tirinya, harus mengalami petualangan di dunia magis untuk dapat menerima sepenuh hati sekaligus mengatasi rasa dukanya terhadap ibu kandungnya yang meninggal.






- sobekan tiket bioskop tanggal 6 Januari 2024 -
----------------------------------------------------------
review film the boy and the heron hayao miyazaki
review the boy and the heron hayao miyazaki
the boy and the heron hayao miyazaki movie review
the boy and the heron hayao miyazaki film review
resensi film the boy and the heron hayao miyazaki
resensi the boy and the heron hayao miyazaki
ulasan the boy and the heron hayao miyazaki
ulasan film the boy and the heron hayao miyazaki
sinopsis film the boy and the heron hayao miyazaki
sinopsis the boy and the heron hayao miyazaki
cerita the boy and the heron hayao miyazaki
jalan cerita the boy and the heron hayao miyazaki

Komentar