Monster - Review


Sebegitu sulitnya kita memahami seseorang, tapi sebegitu mudahnya kita menaruh prasangka (buruk). Sepertinya ini tema besar yang mau diangkat oleh sutradara berbakat asal Jepang, Hirokazu Koreeda yang semakin ke sini semakin piawai mengangkat relasi antar manusia dalam sinema. Film terbarunya ini punya cara uniknya sendiri dalam menampar penonton, termasuk gue. Di awal film gue menaruh prasangka buruk terhadap beberapa karakter, untuk kemudian merasa tertampar bolak-balik di akhir film.

Penting diketahui, semakin sedikit kamu tahu tentang jalan cerita film ini maka akan semakin asyik pengalaman menonton kamu. Yang perlu kamu tahu hanyalah film ini menceritakan satu kejadian lewat tiga sudut pandang yang berbeda. Sebenarnya hal ini pun akan mudah dipahami mengingat ada satu plot device yang berulang di setiap awal segmen berupa kebakaran gedung.


Lewat Monster, Hirokazu Koreeda memang bermain-main di ranah persepsi manusia. Betapa mudahnya manusia melahirkan asumsi lewat sekilas kejadian saja. Memang sulit untuk memahami satu kejadian secara keseluruhan tanpa adanya komunikasi yang jelas dan lancar. Tapi betapa asumsi dan prasangka tersebut dapat menggulung menjadi bola liar, yang bahkan mengancam nyawa.

Jadi siapa yang monster? Pertanyaan ini yang terus diulang selama film, meski dalam konteks permainan anak-anak. Jika belajar dari apa yang disajikan dalam film ini, maka akan sulit untuk menunjuk satu orang dan memberinya label monster. Situasinya sangat kompleks dan campur aduk, di mana sering kejadian akan lebih mudah untuk mencari kambing hitam demi menghentikan narasi kehebohan - persis yang terjadi dalam cerita di film ini. 






- sobekan tiket bioskop tanggal 7 Januari 2024 -
----------------------------------------------------------
review film monster hirokazu koreeda kore-eda
review monster hirokazu koreeda kore-eda
monster hirokazu koreeda kore-eda movie review
monster hirokazu koreeda kore-eda film review
resensi film monster hirokazu koreeda kore-eda
resensi monster hirokazu koreeda kore-eda
ulasan monster hirokazu koreeda kore-eda
ulasan film monster hirokazu koreeda kore-eda
sinopsis film monster hirokazu koreeda kore-eda
sinopsis monster hirokazu koreeda kore-eda
cerita monster hirokazu koreeda kore-eda
jalan cerita monster hirokazu koreeda kore-eda

Komentar