Not Friends - Review


Rumah produksi Thailand kecintaan kita semua, GDH, akhirnya merilis film terbaru yang penuh hati; Not Friends. Kalau tahun 2023 Indonesia punya Jatuh Cinta Seperti di Film-film sebagai surat cinta untuk film, maka tahun 2024 ini Thailan punya Not Friends. Memang kisah sekelompok orang asing yang menemukan kebersamaan dan persahabatan lewat bikin film bareng-bareng bukan hal yang baru. Yang spesial dari Not Friends adalah tipikal film-film Thailand; drama yang menghangatkan hati.

Kisahnya juga unik, bikin film berdasarkan cerita dari teman yang baru meninggal. Menurut gue kekuatan utama kisah ini adalah dilema moral yang berlapis. Menggunakan kisah orang yang sudah meninggal, kemudian orang ini sebenarnya nggak terlalu dekat, ditambah twist lainnya yang dibongkar di akhir film. 


Nah sebenarnya lapisan dilema moral ini cukup oke karena sukses membelah penonton menjadi dua bagian; yang setuju dan yang tidak. Tapi menurut gue jadi terlalu berlebihan dengan plot twist yang ada di akhir film. Eksplorasi emosi penonton jadi nggak maksimal, belum juga selesai berdilema dengan kisah yang sebelumnya, kemudian ditambah lagi dengan dilema moral yang hadir di plot twist. Andai nggak pakai plot twist ini juga masih oke kok. Ketika ada plot twist, gue pribadi malah jadi yang "terserah elo deh mau gimana".

Pada akhirnya, Not Friends masih tetap jadi film coming-of-age yang menyentuh dan menghangatkan hati. Apalagi kisah persahabatan yang memberikan makna baru bagi pertemanan di usia sekolah. Benar juga yang ditawarkan oleh film ini, bisa jadi kita "tidak berteman" atau "not friends" di masa sekolah tapi nanti di usia kerja bisa jadi berteman karena satu dan lain hal. 






- sobekan tiket bioskop tanggal 28 Januari 2024 -
----------------------------------------------------------
review film not friends
review not friends
not friends movie review
not friends film review
resensi film not friends
resensi not friends
ulasan not friends
ulasan film not friends
sinopsis film not friends
sinopsis not friends
cerita not friends
jalan cerita not friends

Komentar