Badarawuhi di Desa Penari - Review



Pada awalnya memang gue cukup memandang sebelah mata film ini karena gue kurang suka dengan KKN di Desa Penari (2022). Apalagi ini adalah tipikal komersialisasi meemeras satu Intellectual Property menjadi banyak film dan tidak membawa cerita ke mana-mana. Mengingat KKN di Desa Penari yang meraih 10 juta penonton yang notabene menjadi satu-satunya film paling laris sejak era Orde Baru, tentu saja harus ada film lanjutannya di dalam semesta yang sama.

Ternyata gue malah suka dan sangat menikmati film kedua di semesta KKN ini - bahkan lebih menyenangkan ketimbang Siksa Kubur. Pertama, karena jalan ceritanya yang sangat membumi dan gue sebagai penonton ikut larut ke dalam suasana kelam desa penari. Karakter utamanya punya kemauan dan kebutuhan yang jelas dan sederhana yang bisa kita ikut; mengembalikan gelang yang dipercayainya bisa menyembuhkan ibunya yang sedang sakit parah. 


Jelas bahwa Badarawuhi di Desa Penari jauh lebih baik ketimbang KKN di Desa Penari. KKN di Desa Penari terlampau setia dengan utas Twitter sehingga setiap adegan terlihat putus dan tidak ada kesinambungan antara satu dengan yang lain. Sedangkan Badawaruhi adalah versi remix dan upgrade berkali-kali lipat. Memang setengah pertama film tampak repetitif dengan banyak plot yang diulang dengan versi yang berbeda dari film pertamanya. Tapi begitu masuk paruh kedua, gue mendapatkan banyak hal baru dan memperluas semesta desa penari.

Mungkin banyak yang kecewa karena film kedua ini tidak membahas asal mula Badarawuhi padahal membawa namanya sebagai judul film. Memang film ini tidak membawa semesta KKN ke mana-mana, tidak maju dan tidak juga mundur. Benar-benar film ini hanya mengolah bahan yang sama dengan dimensi waktu yang berbeda. Tambahannya ada pada dunia Angkara Murka yang mengisi seperempat akhir film ini, dengan menjadi klimaks yang sangat baik untuk menutup film.






- sobekan tiket bioskop tanggal 20 April 2024 -
----------------------------------------------------------
review film badarawuhi di desa penari kkn
review badarawuhi di desa penari kkn
badarawuhi di desa penari kkn movie review
badarawuhi di desa penari kkn film review
resensi film badarawuhi di desa penari kkn
resensi badarawuhi di desa penari kkn
ulasan badarawuhi di desa penari kkn
ulasan film badarawuhi di desa penari kkn
sinopsis film badarawuhi di desa penari kkn
sinopsis badarawuhi di desa penari kkn
cerita badarawuhi di desa penari kkn
jalan cerita badarawuhi di desa penari kkn

Komentar