Joker: Folie a Deux - Review


Gue itu sangat suka dengan film-film bergenre musikal. Film Joker (2019) pun gue puja-puji setinggi langit karena baru kali ini ada film adaptasi komik yang fokus pada psikologis karakter antagonis. Nah sekuel dari film Joker yang bergenre musikal ini seharusnya di atas kertas akan gue sukai. Jelas karena kombinasi musikal sebagai genre favorit gue dan sekuel dari salah satu film terbaik di tahun 2019. Tapi ternyata tidak, saudara-saudara. Menurut gue, Joker: Folie a Deux adalah eksperimen yang gagal total.

Sutradara dan penulis naskah Todd Phillips sudah berhasil di eksperimen yang pertama, menjadikan film Joker (2019) sebagai film studi karakter dari tokoh antagonis yang ikonik. Tampaknya tidak puas dengan itu, sekuelnya pun dibuat eksperimen lebih jauh lagi; ditambah banyak adegan menyanyi dan menari. Di atas kertas, ide ini memang segar karena belum pernah ada sebelumnya yang menggabungkan genre crime dan musical. Tapi terima kasih kepada Joker: Folie a Deux, kita sekarang tahu kenapa nggak perlu ada kombinasi dua genre yang bertolak belakang itu.


Gue paham bahwa setiap sekuens musik di mana karakter Arthur Fleck / Joker bernyanyi dan menari itu ada di dalam kepalanya. Bisa dibilang, di film kedua ini penonton sekali lagi diajak untuk masuk ke dalam kepala Arthur Fleck yang tidak sehat mental itu. Semenjak bertemu dengan Harley Quinn, Arthur Fleck jadi menemukan makna baru dari musik dan menghidupkan jiwa penyanyinya hahaha. Satu-dua-tiga adegan musikal gue mencoba untuk suka, tapi sampai di akhir film gue susah banget untuk membangkitkan rasa suka itu.

Menurut gue permasalahannya sesederhana bahwa kisah kriminal dan kesehatan mental itu nggak nyambung untuk digambarkan dalam bentuk musikal. Setiap liriknya maksa, meski melodi lagu-lagunya cukup catchy. Mood adegan dari adegan juga jadi berantakan, meski mungkin tujuannya memang membuat penonton merasa miris dan nggak nyaman ketika melihat Joker bernyanyi sebagai defense mechanism.

Gue setuju dengan pilihan ending. Nggak perlu lagi ada kelanjutan dari film Joker yang diperankan Joaquin Phoenix ini. Cukup sudah.






- sobekan tiket bioskop tanggal 5 Oktober 2024 -
----------------------------------------------------------
review film joker folie a deux lady gaga
review joker folie a deux lady gaga
joker folie a deux lady gaga movie review
joker folie a deux lady gaga film review
resensi film joker folie a deux lady gaga
resensi joker folie a deux lady gaga
ulasan joker folie a deux lady gaga
ulasan film joker folie a deux lady gaga
sinopsis film joker folie a deux lady gaga
sinopsis joker folie a deux lady gaga
cerita joker folie a deux lady gaga
jalan cerita joker folie a deux lady gaga

Komentar