I, the Executioner - Review


Gue suka banget sama Veteran (2016), kayaknya film ini juga yang menumbuhkan rasa kepercayaan gue akan film-film aksi asal Korea Selatan. Delapan tahun kemudian ternyata ada sekuelnya yang berjudul I, the Executioner. Meski sekuel langsung, tapi bisa dibilang ini film yang berdiri sendiri. Kalau belum nonton film pertamanya, dijamin akan tetap bisa menikmati film keduanya ini.

Kalau film pertamanya bercerita tentang polisi yang terpaksa harus menggunakan cara-cara kasar untuk menangkap penjahat, maka film kedua ini membahas hal yang sama tapi di spektrum sebaliknya. Tepatnya, cara-cara kasar ini sampai batasan mana? Apakah sampai membunuh penjahat yang bebas karena sistem pengadilan? Dilema moral ini yang dieksplorasi dengan baik lewat representasi karakter yang ada di layar.


Film ini masih mengangkat ciri khas film aksi Korea Selatan; adegan aksi adu jotos dan kejar-kejaran dengan kisah drama yang melekat. Jadi memang nggak hanya adu fisik dan kejar-kejar, tapi juga diperkuat dengan drama yang benar-benar kuat. Selain dilema moral harus sekasar apa terhadap penjahat, ada juga kisah sampingan hubungan ayah dan anak yang cukup menyentuh hati.

Selain itu, film ini juga dengan jelas menyindir fenomena media sosial, secara spesifik youtuber / live streamer, yang sukses menggiring opini publik lewat basis massa yang besar. Padahal belum tentu hal yang disampaikan berupa fakta lapangan atau opini semata. Di era sebelum media sosial saja kita sudah mengenal istilah "trial by public" yang artinya media massa konvensional yang bisa menggiring opini publik pada kasus pengadilan. Dengan kekuatan media sosial yang jauh lebih besar, maka fenomena trial by public ini semakin meresahkan. 





- sobekan tiket bioskop tanggal 29 September 2024 -
----------------------------------------------------------
review film i the executioner veteran story 2
review i the executioner veteran story 2
i the executioner veteran story 2 movie review
i the executioner veteran story 2 film review
resensi film i the executioner veteran story 2
resensi i the executioner veteran story 2
ulasan i the executioner veteran story 2
ulasan film i the executioner veteran story 2
sinopsis film i the executioner veteran story 2
sinopsis i the executioner veteran story 2
cerita i the executioner veteran story 2
jalan cerita i the executioner veteran story 2

Komentar