Get Out

"One hell of a sick tense thriller made up from a great detailed script and cleverly eerie atmosphere throughout the film"

Chris yang berkulit hitam, berpacaran dengan Rose yang berkulit putih. Di akhir pekan, Rose mengajak Chris untuk menginap sekaligus berkenalan dengan keluarganya. Di kota kecil itu, Chris menemukan fakta bahwa banyak orang berkulit hitam yang menghilang, atau berperilaku aneh. Setelah salah satu orang kulit hitam memperingatkan Chris untuk keluar, ternyata tidak semudah itu bagi Chris untuk pergi.

Perlu diketahui bahwa ini adalah karya pertama bagi sutradara dan penulis Jordan Peele, yang sebelumnya terkenal sebagai aktor komedi di berbagai film seri dan film panjang seperti Keanu (2016). Seorang aktor komedi kemudian membuat sebuah film thriller dengan tema rasisme yang sangat kental? Hasilnya adalah Get Out dengan naskah yang sangat cerdas dalam setiap detilnya, serta atmosfer creepy yang menyelimuti ketegangan sepanjang film.



Premis cerita dalam Get Out mungkin sudah sangat familiar dalam genre "terjebak dalam satu rumah di kota kecil". Tetapi cerdasnya, Jordan Peele menutupi hal familiar itu dengan atmosfer eerie yang penuh dengan hal-hal ketidakpastian. Uncertainty yang menjadi pondasi dasar psikologis untuk menumbuhkan rasa takut ini dieksplorasi dengan sangat cerdas dan rapi. Penonton - lewat kacamata Chris - dimasukkan dalam sebuah keadaan yang sangat aneh dan seakan belum pernah dialami sebelumnya. Ketika berbagai antisipasi sudah disiapkan, setiap belokkannya tetap mengagetkan dan sangat efektif meningkatkan ketegangan.

Sebagai naskah debut, Jordan Peele tampaknya bisa dibilang cukup rapi dan cerdas dalam memberikan setiap detil kecil dalam kisah keluarga Armitage. Detil-detil keanehan dan hal-hal absurd di awal film, menjadi jelas dan sangat logis ketika tirai misteri terbuka lebar di akhir film. Hal ini jelas menjadi kenikmatan tersendiri untuk second viewing. Belum lagi bagaimana pilihan reaksi dari korban dengan berbagai caranya untuk bertahan hidup, bisa dibilang cukup out-of-the-box dan jauh dari hal-hal klise khas Hollywood.


USA | 2017 | Thriller | 104 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
9 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 7 April 2017 -

Komentar

Posting Komentar