25 January 2010
6 kritik

The Imaginarium of Doctor Parnassus

3:25 PM
sobekan tiket bioskop tertanggal 22 Januari 2010 adalah The Imaginarium of Doctor Parnassus. gue tertarik untuk nonton film ini hanya karena melihat deretan aktor yang bermain didalamnya, sebut Heath Ledger, Johnny Depp, Jude Law, Collin Farell, bahkan Christopher Plummer. bahkan gue kurang peduli dengan sinopsisnya dan setelah melihat trailernya, malah membuat gue makin engga sabar untuk beli tiket bioskop dari film ini.

bercerita tentang Doctor Parnassus yang dapat menguasai imajinasi orang lain, dengan menjalankan teater keliling "Imaginarium" yang menjanjikan pengalaman imajinasi yang melebihi ekspektasi penontonnya. ternyata Dr. Parnassus pernah membuat perjanjian dengan Devil untuk hidup abadi dan akan mengambil jiwa putrinya di umur ke-16. satu hari sebelum ulang tahun putrinya, Devil pun kembali untuk menagih janjinya dan membuat perjanjian lagi dengan Dr. Parnassus untuk berlomba untuk menguasai imajinasi lima jiwa. Dr. Parnassus dibantu oleh salah satu anak buahnya, Tony, yang berniat untuk menyelamatkan sang putri

film ini adalah film yang sangat menawan, liar, dan gila.

jalan ceritanya unik dan original. gue suka gaya bercerita film ini dimana penonton akan dibiarkan terbengong-bengong karena ketidaktahuan apa yang terjadi di layar dan mendapatkan jawabannya sedikit demi sedikit, bahkan jawaban utama masih disimpan sampai adegan terakhir.


ide dan imajinasi dari film ini benar-benar melampaui batas. bagaimana alam imajinasi seseorang digambarkan dengan gaya kontemporer dan cenderung, menurut gue, banyak tersimpan simbol-simbol tersendiri. kalau masih ingat The Cell atau The Fall, tapi imajinasi di film ini lebih artistik dan simbolik.

efek visual, memang untuk pertama kali terasa tidak secanggih dalam film Avatar. tapi jangan-jangan memang disengaja oleh para pembuat film, untuk membuat perbedaan yang kontras antara kenyataan dan alam imajinasi.

film ini adalah film terakhir Heath Ledger sebelum dia meninggal, dan bahkan proses syutingnya
belum mencapai setengah jalan. setelah ditinggal beberapa tahun, datanglah Depp, Law, dan Farell yang bersedia untuk mengisi kekosongan si pemeran utama. lalu diceritakan ulang dan disesuaikan dengan keadaan, dan jadilah film ini. yang luar biasa adalah, bagaimana kerja keras si penulis cerita untuk mengisi kekosongan peran Ledger. hasilnya adalah ketika menonton film ini, masih terasa asik untuk dinikmati sampai detik terakhir.

banyak pula makna yang bisa digali dari film ini. bagaimana dalam hidup, seliar apapun imajinasi
dan harapan kita, tetap saja kita harus memilih satu jalan dan jalan yang kita pilih itulah yang akan menentukan siapa kita. selain itu banyak simbol-simbol adegan yang dapat diinterpretasikan secara variatif.


rating?
8,5 of 10

6 kritik:

  1. emang film ini udah di putar di bioskop mana?

    ReplyDelete
  2. tim, ini lo nonton di bioskop apa dvd 'ori'? gue juga udah nunggu2 banget film ini, tapi belom keluar2 :((

    ReplyDelete
  3. berarti ini adalah peran stelah jadi Joker ya????

    ReplyDelete
  4. ini gue nontonnya di Manila...
    banyak film2 yang engga keluar di indo yah?
    sama sih, banyak juga film2 yang di indo ga keluar disini...
    hehe...

    ReplyDelete
  5. saya suka film ini, aneh tapi entah kenapa gw tersenyum senang setelah keluar bioskop.

    bang timothy nontonnya di Manila yats...bioskop dimana? masih tanpa nomor duduk dan bisa masuk kapan aja nggak di sana? hehe

    ReplyDelete
  6. @ajirenji
    di beberapa bioskop (biasanya bioskop yang harganya rada murah) memang engga pake nomor duduk ini yang gue sebel, karena di tiketnya engga tertulis judul filmnya.

    oiya kita juga bisa masuk kapan aja.
    bahkan pertunjukkan sebelumnya yang belum selesai aja kita bisa masuk.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top